Wednesday, November 16, 2016

Banyak cara untuk melakukan kompresi foto. Bisa menggunakan Photoshop,  Format Factory, dan aplikasi lainnya. Tetapi aplikasi-aplikasi tersebut bukan dikhususkan untuk kompresi foto sehingga penggunaannya akan sedikit rumit bagi yang belum terlalu paham.


Icecream Image Resizer adalah aplikasi yang dikhususkan untuk kompresi foto. Dengan Icecream Image Resizer kita dapat melakukan kompresi foto dalam jumlah yang banyak sekaligus. Sangat berguna untuk melegakan hardisk jika sudah terlalu penuh penuh.
Fitur
Icecream Image Resizer memiliki dukungan bahasa yang cukup lengkap. Mendukung bahasa Afrika, Cina, Francis, bahkan ada Bahasa Indonesi yang jarang disertakan dalam kebanyakan aplikasi.

Icecream Image Resizer menyediakan berbagai resolusi atau ukuran foto. Fitur ini sangat berguna sehingga tidak perlu bingung mengatur resolusi foto hasil kompresi. Terdapat ukuran foto untuk email (1024×768), Large (1600×1200), Iphone 4 (1334×720) dan ukuran-ukuran lainnya. Jika ukuran yang diinginkan tidak ada, terdapat pengaturan manual untuk menentukan sendiri ukuran yang diinginkan.

Format file yang didukung oleh Icecream Image Resizer adalah JPG. Bagi anda yang ingin melakukan kompresi dengan format lain seperti PNG sangat disayangkan tidak bisa menggunakan aplikasi ini.
Performa
Untuk melihat seberapa cepat aplikasi ini dalam melakukan kompresi foto, saya akan melakukan kompresi 20 foto dengan resolusi 4608×3456 dengan ukuran rata-rata 3,5 MB. Foto akan saya kompres menjadi ukuran mendium (800×600). Bahkan sebelum dilakukan kompresi, terdapat kolom estimasi ukuran foto setelah dilakukan. Fitur ini sangat berguna menurut saya untuk menentukan resolusi foto yang akan dibuat.

Kompresi memakan waktu 6,96 detik yang menutut saya sangat cepat untuk kompresi 20 foto. Hal ini tergantung juga terhadap ram dan prossesor yang digunakan. Ukuran foto untuk resolusi medium yang saya dapatkan rata-rata 75 KB, jauh lebih kecil dari ukuran sebelumnya 3,5 MB.
Kelebihan
  1. Dapat melakukan kompresi banyak foto sekaligus
  2. 100% gratis
  3. Kompresi foto sangat cepat
  4. Terdapat estimasi ukuran foto hasil kompresi
  5. Terdapat pilihan resolusi foto
Kekurangan
  1. Hanya mendukung format JPG

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive